UA-72643545-1

Photo

Thursday 29 January 2015

Memotret Ekspresi di Panggung Musik

Kali ini saya akan mencoba berbagi bagaimana memotret sebuah ekspresi di panggung. Banyak yang mungkin sudah pembaca lihat trik dan tips bagaimana memotret pertunjukan panggung. Mulai memanfaatkan tata cahaya yang ada, aksi para artis pengisi, dan berbagai alat-alat yang justru menjadi daya tarik sendiri dalam sebuah pertunjukan panggung. Untuk tulisan ini saya berbicara di sebuah panggung musik. Kadang jika kita memotret sebuah panggung (kebanyakan) adalah lebih mengutamakan isi panggung itu sendiri, dan kurang memperhatikan ekspresi dari artis pengisi di panggung tersebut. Ya, sebuah ekspresi. Padahal ekspresi adalah sebuah gambaran dan ungkapan dari si artis tersebut diatas panggung. Dan justru ekspresi tersebut bisa menambah semangat tersendiri bagi yang melihatnya bahkan bisa dijadikan sebuah ikon bagi si artis. Contoh yang paling mudah dilihat adalah, bagaimana Santana jika sedang memetik gitar selalu ada ekspresi memejamkan mata sembari mendongak keatas. Dan itu bisa menggambarkan, betapa petikan gitar begitu menyatu dengan jiwanya sehingga Santana mengekspresikan dengan cara memejamkan mata. Nah ekspresi ini pun ternyata bisa menjadi sebuah kebiasaan tersendiri bagi si artis. Dan menjadi sesuatu yang khas ketika dirinya tampil diatas panggung. Betul, dan inilah beberapa ekspresi dari beberapa penyanyi yang berhasil saya potret.


Memotret Panggung Musik
 Andy vokalis dari band Rif/ mempunyai mata yang tajam. Dan kadang matanya itu sengaja dipelototkan ketika menyanyikan lagu-lagunya.
Memotret Panggung Musik

Ekspresi foto dikanan ini justru baru saya sadari di lagu yang ketiga dari sekitar enam lagu yang dibawakan saat itu.Saat di lagu kedua (saat jeda) Andy mengambil air mineral lalu minum beberapa teguk kemudian tiba-tiba menyemburkan air tersebut. Saya hanya memperhatikan saja saat itu. Dan di lagu ketiga, ternyata ia kembali melakukan hal yang sama, menyemburkan air keatas ditengah-tengah lagu. Langsung saya ambil kesimpulan, inilah ekspresi yang musti saya "tangkap" dalam kamera saya. Dan ternyata benar, di lagu yang terakhir (lagu penutup) saya tak sia-siakan kesempatan ketika dirinya kembali menyemburkan air kearah atas.
Memotret Panggung Musik
 Foto Armand Maulana, vokalis dari Band Gigi. Pun ternyata mempunyai sesuatu yang khas ketika bernyanyi diatas panggung. Selain suka seolah-olah tangannya  memetik gitar dan mendekati Dewa Budjana, ia juga mempunyai kebiasaan dimana ketika bernyanyi  tidak terlalu membuka bibirnya terlalu lebar, tapi justru disitu kekuatan vokal sekaligus ciri khasnya. Dan foto diatas adalah ekspresi dirinya yang lain ketika sedang bernyanyi diatas panggung.



Memotret Panggung Musik

Untuk penyanyi diatas, sampai tulisan ini diturunkan, saya benar-benar lupa, diajang pertunjukan musik apa, yang penulis ingat hanya tahun saja. Menariknya dari foto diatas adalah, betapa si penyanyi begitu ekpresif ketika melantunkan sebuah lagu. Wajah yang penuh dengan keringat, ditambah teriakan vokal yang keras sesuai irama. Mimik seperti ini pun menjadi gambaran betapa ekspresifnya si penyanyi tersebut.


Memotret Panggung Musik
 Drummer Group Band ROXX, Raden. Begitu ekspresif ketika sedang menggebuk drum. Dan yang menjadi khasnya adalah tato di badannya. Saat manggung tak jarang dia selalu menanggalkan bajunya.
Memotret Panggung Musik

Raisa, penyanyi cantik ini pun mempunyai ekspresi yang khas ketika bernyanyi. Ketika bernyanyi di nada tinggi, ia mengeluarkan kemampuannya walau harus berekpresi seperti ini.
Memotret Panggung Musik
Dan ini adalah Santana. Seperti yang saya ceritakan diatas. Dirinya mempunyai ekpresi yang khas, yaitu memetik gitar sembari memejamkan mata serta mendongak keatas.

Dan beberapa tips dari saya ketika memotret ekspresi di panggung pertunjukan musik :

Yang pasti siapkan kamera, kartu memory kosong (bahkan kalo bisa bawa cadangan), lensa tele. Kalaupun tele tidak punya, lensa sapu jagat (wide tele) juga bisa dipakai. Gak punya kedua2nya ? pinjam aja atau tidak sewa, Hindari menggunakan flash saat pertunjukan berlangsung. Setelah itu perhatikan ini :

1. Pastikan pembaca mengenal penyanyi/group/band yang bakal di foto, dengan cara melihat klip video atau beberapa pertunjukan di internet. Lihat kebiasaan mereka selama dipanggung

2. Pada saat lagu pertama (diatas panggung), potret lah secara umum saja. Contoh, keadaan panggung dengan berbagai tata cahaya yang ada. Serta perhatikan baik-baik gerak-gerik penyanyi, pemain gitar, pemain drum dan pemain lain, yang menurut anda adalah sebuah ekspresi. Biasanya mereka akan mengulang-ulang gerakan-gerakan tersebut di lagu berikutnya.

3. Jangan mengambil hanya dari satu sisi ketika memotret. Jika memotret sudah dapat di satu sisi, pindahlah segera ke sisi lain bila memungkinkan. Ini berguna selain untuk stock gambar juga untuk melihat angle yang berbeda dari si artis tersebut.

4. Menunggu. Memotret ekspresi mungkin tidak mudah. Tapi bila anda sabar dalam menunggu. Yakinkan diri, bahwa anda bisa memotret moment-moment yang anda inginkan. Syaratnya adalah menunggu dan sabar.

5. Memotret ekspresi pada sebuah panggung, tidaklah harus memulai dengan artis/penyanyi/group/band ngetop dengan panggung yang wah serta tata cahaya yang megah. Mulailah belajar dari pertunjukan dan panggung-panggung kecil. Karena disitulah anda akan belajar. Belajar berbagai hal dalam memotret sebuah panggung dari skala kecil dahulu.

Demikian berbagi foto kali ini. Semoga bisa bermanfaat. Dan selamat mencoba.

Teks & Foto : Farid Syamsuri

Baca Juga :


No comments:

Post a Comment